Apakah Menjadi Konsultan Perlu Banyak Biaya ?


Ditulis oleh Sumiharso | Konsultan Manajemen Bisnis | Berbagi Ilmu Konsultansi

Ini juga pertanyaan yang lazim diajukan oleh para calon konsultan. Menurut saya menjadi seorang konsultan bisa memerlukan sedikit biaya atau sebaliknya sangat berbiaya. Lho koq bisa ? Ya, sebab mengenai biaya sangat bergantung pada kompleksitas bisnis anda. Jika bisnis anda sangat kompleks, misalnya klien anda adalah perusahaan besar yang karena alasan tertentu menharuskan meeting konsultansi dilakukan di tempat anda atau karena klien anda sangat banyak sehingga anda perlu membentuk team khusus maka biaya akan menjadi bertambah banyak. 

Dalam pengalaman saya pribadi urusan biaya tidak perlu dijadikan penghalang yang serius pada saat awal anda akan membangun  bisnis konsultansi anda. Beberapa biaya yang sifatnya prinsip memangharus anda sediakan diawal. 

Tentu untuk bisa mengatur urusan biaya dengan baik anda perlu membuat rencana bisnis yang tepat sebelum anda memulai bisnis konsultansi anda.

Beberapa jenis biaya yang diperlukan diawal memulai bisnis konsultansi adalah :
  1. Biaya ijin usaha (jika bidang konsultansi anda menuntut adanya ijin usaha tertentu dari pemerintah kota setempat).
  2. Biaya pembuatan laman web.
  3. Biaya pembuatan sarana promosi.
  4. Biaya operasional bulan-bulan pertama menjalankan bisnis konsultansi.
Jika anda ingin belajar lebih jauh mengenai biaya-biaya yang sebaikanya dipersiapkan pada saat memulai bisnis konsultansi anda dapat melanjutkan disini. Saya telah menyiapkan khusus yang membahas diantaranya tentang bagaimana membuat rencana bisnis  konsultansi yang baik.

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design