Cara Memulai Bisnis Konsultan Independen Yang Sukses


Ditulis oleh Sumiharso | Konsultan Manajemen Bisnis | Berbagi Ilmu Konsultansi

Saat anda bekerja sebagai pegawai di sebuah kantor atau perusahaan, mungkin anda menemukan diri anda bekerja dengan Bos yang seringkali tindakan dan perilakunya tidak masuk akal, otoriter, semau gue, atau bahkan sangat suka menuntut. Anda mungkin juga harus mengikuti meeting atau rapat-rapat yang seringkali juga tidak produktif, bicara ngalor-ngidul tak tentu arah, sehingga ingin sekali rasanya tidak ikut dalam sesi-sesi semacam itu. Atau anda bekerja dengan rekan kerja yang nampak seolah seperti badut-badut yang sekedar ingin menyenangkan atasan

Dengan beragam alasan itulah kemudian biasanya seorang profesional memutuskan pindah kuadran menjadi seorang konsultan independen yang Sukses di bidang yang dikuasainya. 

Tetapi sebelum memutuskan langkah itu, ada baiknya anda pertimbangkan dulu beberapa hal dibawa ini.

Berikut adalah beberapa pertanyaan kunci yang sebaiknya anda tanyakan pada diri anda sendiri sebelum membuat lompatan menjadi seorang konsultan independen.

Apa motivasi utama Anda untuk memulai bisnis sebagai konsultan independen yang Sukses ?

Apakah anda benar-benar memiliki jiwa kewirausahaan atau anda senang dengan pekerjaan anda, kemajuan karir, atau lingkungan kerja ? Ini suatu hal yang sangat penting untuk anda pertimbangkan. Karena memulai dan mempertahankan bisnis sebagai konsultan independen yang Sukses adalah pekerjaan yang menuntut anda selalu siap sedia dalam waktu 24 jam sehari, 7 hari seminggu dan 30 hari sebulan. 

Diluar itu anda juga tetap harus bisa menunjukkan semangat dan kegairahan dalam melakukan pekerjaan anda. Tak peduli apapun yang terjadi dengan klien atau situasi kerja dimana jasa anda disewa oleh klien. Ringkasnya seorang konsultan independen yang Sukses harus benar-benar  memiliki komitmen 100 persen untuk melayani kliennya dengan baik.

Dapatkah Anda benar-benar mengganti kepastian gaji, tunjangan dll dari bekerja sebagai pegawai dengan penghasilan yang tidak peasti saat menjadi konsultan independen ?

Saat anda menjadi pegawai, anda pasti akan mendapatkan penghasilan atau income yang bersifat tetap. Tak peduli apakah anda bekerja atau tidak (sejauh anda tidak melakukan pelanggaran berat terhadap peraturan perusahaan, maka perusahaan pasti tetap akan membayar anda). Tetapi saat menjadi seorang konsultan independen yang Sukses, jika anda tidak mendapatkan klien maka itu berarti tak akan ada income yang anda peroleh.

Maka pertanyaannya adalah : siapkah anda dengan situasi semacam itu ? atau berapa lama anda bisa hidup tanpa gaji tetap sambil berusaha membangun bisnis konsultansi independen anda ? 

Apakah Anda Siap Secara Sosial ?

Ketika anda bekerja di perusahaan sebagai pegawai, anda bisa mendapatkan suasana kerja dan hubungan sosial bersama dengan rekan-rekan kerja anda. Mungkin sekedar makan di kantin, ngobrol selepas pulang kantor, atau berkumpul pada acara meeting. Bagi beberapa orang hal-hal itu adalah sesuatu yang disukai, paling tidak untuk mengusir stress karena tekanan beban kerja.

Tetapi saat bekerja sebagai konsultan independen yang Sukses anda akan lebih banyak bekerja sendiri. Mengerjakan urusan administrasi sendiri, membangun jejaring bisnis sendiri, juga mengelola urusan proyek konsultansi sendiri. Sesuatu yang menyenangkan bagi beberapa tipe orang. Tapi belum tentu bagi yang lainnya.

Jadi, intinya pertimbangan pertanyaan ini : seberapa penting interaksi sosial bagi anda ? 

Seberapa kuat adalah dukungan jaringan Anda?

Untuk menjadi seorang konsultan independen yang sukses tidak cukup anda hanya memiliki kompetensi dalam bidang anda sendiri. Anda juga harus memampu mengelola urusan manajemen bisnis anda. Anda akan perlu untuk berkolaborasi dengan orang lain untuk berhasil dalam aspek lain dari bisnis konsultansi anda seperti : memahami hukum bisnis, keuangan, pajak, pemasaran, dan penjualan.

Tentu disini sebagai konsultan independen yang Sukses anda akan membutuhkan banyak bantuan. Apakah anda telah dipercaya kontak bisnis ? Siapa yang akan membantu anda membuat identitas perusahaan bisnis konsultan independen anda nampak profesional, seperti siapa yang akan mendisain logo, kop surat, website, brosur pertama anda, dan sejenisnya? Anda juga akan membutuhkan saran ahli akuntansi untuk mengatur alur keuangan proyek-proyek konsultansi anda. Jadi, pastikan dulu semua pendukung ini telah anda siapkan sebelum anda memutuskan untuk terjun sebagai seorang konsultan independe.

Apakah Anda Sudah Memiliki Klien Pertama di Saku Belakang Anda?

Perlu diingat bagai para calon konsultan independen yang Sukses bahwa urusan mencari klien baru tidaklah mudah, meski juga tidak terlalu sulit jika anda sudah memahami metodenya. Anda perlu untuk menyusun proposal, bertemu dengan calon klien, dan membuat presentasi bisnis untuk mendapatkan kontrak konsultansi  baru. Diluar itu anda juga perlu memasarkan dan membuat langkah promosi agar bisnis konsultansi anda dikenal luas oleh calon pelanggan atau klien. Ini semua tentulah sebuah proses yang memakan waktu, tetapi bagi seorang konsultan independen ini adalah hal yang sangat penting bagi keberhasilan jangka panjang bisnis anda.

Jika anda ingin belajar secara lebih terarah dan mendapatkan materi pembelajaran “ Bagaimana Cara Menjadi Konsultan Independen Yang Sukses “ , silahkan lanjutkan disini.

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design