Langkah Pertama Memulai Bisnis Konsultasi


Ditulis oleh Sumiharso | Konsultan Manajemen Bisnis | Berbagi Ilmu Konsultansi

Anda telah memutuskan ingin memulai bisnis anda sendiri dan menjadi seorang konsultan. Hebat Sekali !  Tapi, sekarang apa yang mesti anda lakukan ? 

Membuat keputusan untuk menjadi konsultan hanyalah langkah pertama dalam rangkaian perjalanan untuk benar-benar bisa menjadi seorang konsultan. Tentu, siapa pun bisa membagikan kartu nama di sebuah pesta atau acara dimana banyak orang berkumpul, namun, untuk benar-benar memulai bisnis konsultasi sendiri, anda perlu melakukan lebih dari sekedar menyebut diri anda seorang konsultan. 

Setelah anda mengemas semua gagasan anda tentang bagaimana menjalankan bisnis konsultasi anda sendiri, perjalanan anda tidaklah selesai  disana. Tantangan berikutnya adalah anda harus benar-benar mendirikan bisnis konsultasi anda - dan memang begitulah seharusnya ! 

Menilai Semangat Memulai Bisnis Konsultasi Anda.

Pertanyaan pertama adalah : apakah anda benar-benar cocok untuk menjadi seorang konsultan independen, sebagai lawan dari pegawai atau karyawan yang bekerja di perusahaan dengan jam yang dijadwalkan, gaji berkala, liburan, manfaat dan fasilitas lainnya ? Silahkan anda jawab dengan jujur pertanyaan ini.

Saya sarankan anda melakukan penilaian terhadap diri sendiri terlebih dahulu sebelum anda memutuskan menerjuni bisnis konsultansi. Untuk memudahkan anda, saya telah menyiapkan sebuah Daftar Periksa “Apakah Saya Cocok Menjadi Seorang Konsultan ? “. 

Pilih Bidang Konsultasi Anda.

Pada tahap ini, anda perlu tahu secara spesifik jenis konsultasi yang ingin anda tekuni atau pasar yang akan anda targetkan. Prinsipnya, anda perlu memiliki gagasan awal tentang bidang konsultasi anda. Saran saya mulailah melakukan inventarisasi diri tentang misalnya :
  1. Apa kecakapan terbaik anda (dibandingkan dengan orang lain) ?
  2. Apa pengalaman kerja anda sebelumnya ?
  3. Apa yang paling anda sukai dalam bekerja ?
  4. Prestasi apa yang pernah anda raih ?
  5. Kursus atau pelatihan apa saja yang pernah anda ikuti ?
  6. Bidang ilmu apa yang paling menarik bagi anda ?
  7. Apakah anda senang menasihati orang lain ?
  8. Apakah anda tidak sabar melihat sesuatu tidak berjalan sebagaimana seharusnya ?
  9. Apakah anda pernah membimbing orang lain melakukan sesuatu sampai mereka bisa ?
  10. Apakah anda menyukai menulis draft, proposal, laporan dan sejenisnya ?
  11. Apa bakat anda yang paling menonjol ?
Inventarisasikan Keahlian dan Pengalaman Anda.

Buatlah daftar keahlian anda - apakah hal itu termasuk sesuatu yang unik atau yang lebih umum. Pikirkan tentang misalnya : hobi, minat, riwayat kerja, bakat, kepribadian, pengetahuan, dan keahlian. 

Catat Peluang-Peluang Yang Ada

Ada sangat banyak peluang yang bisa anda ambil di era seperti sekarang ini. Anda tahu, saat ini pengetahuan dan kecakapan yang dimiliki oleh seseorang sudah semakin spesifik. Dengan kata lain sekarang adalah eranya spesialisasi. Itu berarti saat seseorang spesialis di satu hal maka dia tidak memiliki spesialisasi di bidnag lain. Nah ini bisa menjadi suatu ceruk pasar yang dapat anda isi.

Mempersempit Lapangan Konsultasi Anda.

Setelah anda memiliki catatan peluang apa saja yang bisa anda ambil, maka sekarang cobalah untuk mempersempit peluang-peluang tersebut. Jadikan faktor kesiapan, biaya, dan pengalaman praktis anda sebagai penyaring atas peluang-peluang yang bisa anda ambil.

Evaluasi Peluang Konsultasi Anda.

Setelah anda tahu apa jenis konsultan anda inginkan, maka selanjutnya anda perlu mencari tahu bagaimana mengubah ide anda menjadi sebuah hal yang menguntungkan. Anda perlu mencari tahu target pasar terbaik, bagaimana menemukan klien dan cara mengatur bisnis Anda. Ini adalah tahap di mana Anda perlu untuk mengembangkan rencana dasar yang membahas, misalnya:

  1. Konsep Bisnis : bidang konsultasi apa yang akan anda tawarkan pada calon pelanggan/klien ?
  2. Pengaturan Bisnis : bagaimana anda akan menjalankan bisnis - sebagai pemilik tunggal, kemitraan dengan orang lain, perusahaan atau bekerjasama dengan badan/lembaga lain  ?.
  3. Lingkungan bisnis : bagaimana situasi peraturan dan kompetitsi di lingkungan bisnis anda ?
  4. Pemasaran : bagaimana anda akan mendapatkan dan mempertahankan klien/pelanggan ?
  5. Operasi : bagaimana anda akan menjalankan bisnis ?.
  6. Keuangan  : berapa banyak dana awal yang anda harus siapkan untuk menjaga agar bisnis bisa berjalan dengan baik sampai mendapatkan keuntungan yang cukup ?
Membuat Rencana Bisnis Konsultasi.

Setelah Anda sudah melalui langkah-langkah dan menyelesaikan beberapa penelitian dasar, sekarang anda akan siap untuk memulai membuat rencana bisnis yang sesungguhnya.

Jika anda ingin mempersingkat jalan anda menjadi seorang konsultan yang sukses anda bisa melanjutkan disini. Saya telah membuat sebuah program yang akan membekali ada secara praktis bagaimana sukses menjadi seorang konsultan dengan Sistem Konsultan Sukses™. Itu artinya anda akan mendapatkan bimbingan riil dalam perjalanan anda untuk menjadi seorang konsultan yang sukses.

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design