Sebelum Menjadi Seorang Konsultan, Apakah Saya Perlu Lisensi atau Sertifikasi Khusus ?


Ditulis oleh Sumiharso | Konsultan Manajemen Bisnis | Berbagi Ilmu Konsultansi

Bisa Ya. Bisa pula Tidak. Mengapa ? Ya, karena tidak semua proyek konsultansi anda nantinya memerlukan kecakapan yang perlu dibuktikan dengan lisensi atau sertifikat tertentu yang bersifat khusus. Dan jawaban paling esensial adalah : pelanggan atau klien anda tidak akan meminta anda menunjukkan lisensi atau sertifikat anda. Yang mereka pasti minta  adalah kemampuan anda untuk membantu memecahkan masalah mereka. Titik. Itu saja.

Beberapa bidang konsultansi memang memerlukan lisensi khusus atau sertifikat keahlian tertentu. Bidang-bidang seperti asuransi, real estate, perencanaan keuangan, penggalangan dana dan akuntansi adalah beberapa bidang konsultansi di mana Anda mungkin perlu sertifikasi khusus – entah apakah karena alasan hukum atau hanya untuk bersaing. 


Tetapi jika yang anda maksudkan adalah semacam surat ijin untuk praktik konsultansi tentu ini urusan lain. Di beberapa bidang konsultansi tertentu memang diperlukan surat ijin khusus untuk bisa  berpraktek sebagai seorang konsultan. Misalnya bidang konsultansi pajak, hukum, aktuaris dan sejenisnya. Tapi diluar bidang-bidang tersebut masih relatif tidak diperlukan lisensi atau sertifikasi khusus. Yang terpenting adalah : apakah memiliki kemampuan, keterampilan, atau keahlian khusus yang orang lain sangat memerlukannya ? itu pointnya.


Jadi untuk urusan sertifikasi atau liisensi, menurut pengalaman saya itu adalah sesuatu yang fleksibel. Sebagai contoh, meskipun untuk menjadi seorang konsultan manajemen bisnis anda dapat saja mengikuti kursus atau pelatihan tentang manajemen bisnis, tetapi itu bukanlah suatu keharusan. Jika sebelumnya anda memiliki latarbelakang sebagai profesional di korporasi misalnya, maka pengalaman anda tersebut sudah lebih dari cukup untuk memulai bisnis konsultansi anda. Nanti seiring dengan perkembangan bisnis, anda dapat saja mempertimbangkan untuk mengambil kursus atau pelatihan lanjutan dalam bidang manajemen bisnis. Bahkan jika perlu anda melanjutkan studi formal di level pasca sarjana pada bidang ilmu yang mendukung bisnis konsultansi anda.


Tertarik menjadi seorang konsultan yang sukses ? Silahkan lanjutkan disini.

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design