7 Langkah Mudah Memulai Bisnis Konsultansi


Ditulis oleh Sumiharso | Konsultan Manajemen Bisnis | Berbagi Ilmu Konsultansi

Bisnis konsultansi adalah salah satu bisnis yang sangat prospektif untuk dipilih. Dua alasan terbesarnya adalah karena bisnis ini dapat membuka potensi pendapatan atau keuntungan yang relatif besar dan juga fleksibilitas dalam menjalankannya. 

Untuk mulai menjalankan bisnis konsultansi tentulah anda harus memiliki pengetahuan, kompetensi, dan pengalaman yang mencukupi di bidang yang anda pilih. 

Berikut saya paparkan tujuh langkah mudah untuk membantu anda memahami bagaimana cara menjalankan bisnis konsultasi yang mampu menghasilkan keuntungan bagi anda dan pada akhirnya tujuan anda untuk menjadi konsultan yang sukses dapat tercapai.

  1. Untuk memulai bisnis apapun hal pertama yang harus anda miliki adalah informasi tentang bisnis tersebut. Begitu juga dengan bisnis konsultansi. Anda sebaiknya mencari terlebih dahulu informasi tentang misalnya : siapa target pasar anda, apa produk atau jasa konsultansi anda tawarkan, berapa banyak pemain di bidang yang sama dengan anda, seperti apa model konsultansinya, berapa harga dan tarif yang berlaku di pasar dan seterusnya. Anda bisa mendapatkan informasi ini dengan membaca dari internet, buku, majalah, koran, atau bertanya pada konsultan lain yang sudah lebih dulu ada di pasar. Jangan malu atau takut untuk bertanya tentang hal-hal ini. 
  2. Kembangkan dan jalinlah hubungan baik dengan klien anda. Membangun hubungan yang baik dengan klien adalah mantra dari semua bisnis karena hubungan yang baik akan dapat membuat bisnis anda mampu bertahan dan bahkan anda akan memperoleh pesanan berulang atau repeat order dari klien anda. Perjelaslah apa yang diharapkan oleh klien dari anda. Tentukan keahlian anda dan berikan manfaat yang mereka bisa dapatkan dari menyewa anda sebagai konsultan mereka. Sepanjang pengalaman saya, adalah lebih sering daripada tidaknya, klien terutama organisasi-organisasi besar, memiliki harapan yang tinggi dari para konsultan yang mereka sewa. 
  3. Buatlah proposal yang baik dengan pernyataan yang jelas dari strategi dan tujuan yang anda buat. Karena anda adalah seorang konsultan, maka anda diharapkan untuk bisa memecahkan sebagian dari masalah organisasi klien anda. Nyatakan dengan jelas didalam proposal anda misalnya tentang jasa apa yang anda tawarkan dan berapa harga atau tarif yang andda tentukan. Berikan penekanan pada manfaat apa yang bisa mereka (klien) peroleh setelah mereka menyewa anda sebagai konsultan di organisasinya. 
  4. Buat rencana pemasaran yang paling menarik perhatian calon klien. Anda dapat secara singkat mempresentasikan rencana pemasaran Anda hanya dengan tujuh kalimat saja. Misalnya : Kalimat pertama adalah menjelaskan tujuan proyek konsultasi yang anda tawarkan. Kalimat kedua menjelaskan tentang bagaimana cara untuk mencapai tujuan tersebut dan manfaat apa yang bisa didapatkan oleh klien anda. Kalimat ketiga menjelaskan target pasar. Kalimat keempat menjelaskan ceruk pasar. Kalimat kelima adalah tentang metode atau cara yang anda gunakan untuk membantu klien memecahkan masalahnya. Kalimat keenam adalah tentang identitas bisnis anda. Kalimat ketujuh adalah tentang anggaran atau budget yang diperlukan untuk menjalankan proyek konsultasi seandainya nanti disepakati oleh anda dan klien anda.
  5. Tampilkan citra profesional anda. Salah satu cara yang pasti untuk bisa menarik klien baru adalah ketika calon klien anda mempersepsikan anda sebagai seorang yang ahli dalam industri konsultasi yang anda pilih. Jika anda mampu memproyeksikan diri anda sebagai seseorang yang ahli karena memiliki kompetensi berharga,yang mana itu dihasilkan dari kombinasi antara pendidikan dan pengetahuan yang anda peroleh dari pengalaman bertahun-tahun, maka calon klien akan tertarik untuk menyewa anda. Apalagi jika kompetensi yang anda miliki itu jarang ada yang mempunyainya, maka akan banyak perusahaan yang bersedia membayar lebih tinggi kepada anda. Agar sampai pada tingkat seperti ini anda tentu juga perlu waktu untuk membangun citra yang terbaik. Karena itu pastikan bahwa anda memiliki semua bahan yang diperlukan untuk dapat dipersepsi sebagai konsultan yang profesional, misalnya : brosur dan kartu nama.
  6. Tawarkan konsultansi gratis sebagai sesi pendahuluan. Jika saya amati, seringkali seorang konsultan (apalagi para pemula) terlalu berorientasi pada tagihan atas sesi konsultasi yang diberikannya pada calon klien dan enggan untuk memberikan layanan gratis di awal memulai bisnis konsultansinya. Menjadi konsultan tidak selalu berarti anda harus membebankan tarif atau harga komersial sejak sesi awal atau pendahuluan kepada calon klien anda. Jika Anda baru memulai bisnis anda, maka anda harus terlebih dahulu membangun kesadaran klien tentang layanan konsultasi anda. Bagaimanapun, klien memerlukan semacam preview atas jasa yang anda yang tawarkan dan bagaimana anda menjalankan sesi konsultasi. Sesekali anda dapat membuat sebuah sesi seminar gratis dalam bidang konsultasi yang anda pilih. Jika ini anda lakukan maka anda berpeluang untuk mendapatkan kesempatan untuk dikenal dan potensi dirujuk oleh calon klien potensial manakala mereka memerlukan jasa konsultasi yang anda tawarkan.
  7. Pastikan hasil konsultasi yang anda berikan pada klien benar-benar memberi manfaat yang bermakna bagi mereka. Ini penting sebab jalan yang paling jelas untuk bisa mendapatkan klien baru adalah jika klien anda mempromosikan anda kepada orang-orang lain yang dikenalnya. Penting untuk selalu diingat bahwa dalam bisnis konsultasi, hasil dari sesi konsultasi adalah alat yang sangat berguna untuk mendapatkan klien baru. Untuk menjadi seorang konsultan yang sukses, maka cara terbaiknya adalah anda harus bisa memberikan dan menawarkan nilai tak terbantahkan kemanfaatannya kepada klien anda.
Ketujuh langkah diatas hanyalah beberapa cara saja dari beragam cara yang dapat diikuti ketika anda akan memulai sebuah bisnis konsultasi baru. 

Jika anda serius ingin mengetahui cara menjadi konsultan sukses, maka anda bisa mendapatkan informasi lebih lanjut disini. Terimakasih.

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design