Di Usia Berapa Sebaiknya Memulai Bisnis Konsultan Yang Sukses ?


Ditulis oleh Sumiharso | Konsultan Manajemen Bisnis | Berbagi Ilmu Konsultansi

Salah satu hal terpenting tentang kapan sebaiknya memulai bisnis konsultan yang sukses adalah bahwa pada kenyataanya anda dapat memulainya pada usia berapa pun.

Ya, benar. 


Saya pernah mendengar ada banyak keluhan, keprihatinan dan alasan kenapa orang tidak berani untuk memulai bisnis konsultansi ...


Inilah beberapa pernyataan yang pernah saya dengar.


"Saya terlalu muda”. 


“Tidak akan ada yang mau mendengarkan saya ... "


Dan


" Saya sudah terlalu tua, semua orang lebih muda dari saya ... "


Rekan dan sahabat yang saya muliakan. Ada satu hal yang penting untuk kita camkan. 


Ingatlah, bahwa selalu tersedia beribu alasan dan dalih mengapa kita tidak akan berhasil di bisnis yang kita mulai. Itu (ketidaksuksesan) pasti akan terjadi jika memang kita berniat untuk mencari alasan dan dalih. 


Tapi hal yang sebaliknya juga benar. Bahwa ada banyak alasan dan dalih mengapa kita bisa sukses memulai bisnis di usia berapapun kita saat ini.


Jika anda merasa ketakutan untuk memulai bisnis konsultansi anda pada usia anda saat ini (entah apakah anda masih sangat muda, paruh baya, atau sudah lanjut usia), maka sebaiknya hal pertama yang harus anda lakukan adalah belajar menghadapi dan mengalahkan rasa takut anda itu terlebih dahulu.


Coba anda perhatikan fakta-fakta yang saya tuliskan dibawah ini.

  1. Mark Zuckerberg (Pendiri dan Pemilik Raksasa Media Sosial Facebook) : memulai cikal bakal Facebook di usia 19 tahun.
  2. Mark Cuban (Boss dan Pemilik Dallas Maverick) : memulai bisnisnya di usia 25 tahun.
  3. Suze Orman (Guru Manajemen Keuangan No 1 Dunia) : memulai bisnis konsultansi keuangan pada usia 31 th. Sebelumnya “hanyalah” seorang waitress.
  4. Harrison Ford (Aktor Tampan dan Produser Top Hollywood) : memulai jadi bintang film figuran pada usia 30 tahun. Sebelumnya “hanyalah” seorang tukang kayu.
  5. Pejman Nozad (Investor Terkemuka Kelas Dunia) : memulai bisnis investasi di usia 30 tahun. Sebelumnya “hanyalah” pedagang lemari kayu.
  6. Manoj Bhargawa (Boss dan Pemilik Perusahaan Minuman Ringan “5 Jam Berenergi”) : memulai bisnis pada usia 30 tahun. Sebelumnya “hanyalah” seorang sopir taksi.
  7. J.K. Rowling (Pengarang Best Seller Novel Harry Potter) : mulai menulis novel legendaris Harry Potter di usia 31 tahun. Sebelumnya “hanyalah” seorang ibu rumah tangga biasa dengan 4 anak yang diceraikan suaminya.
  8. Ang Lee (Sutradara Film Top) : mulai belajar menjadi sutradara pada usia 31 tahun. Sebelumnya “hanyalah” suami pengangguran.
  9. Andrea Bocelli (Penyanyi Solo Paling Brillian) : mulai mencoab menjadi penyanyi di usia 33 tahun. Sebelumnya “hanyalah” pemain piano di bar.
  10. Mary Kay Ash (Pendiri dan Pemilik Perusahaan Kosmetik besar Mary Kay) : memulai bisnis kosmetika di usia 45 tahun. Sebelumnya “hanyalah” penjual buku dan peralatan rumah tangga dengan cara berkeliling dari rumah ke rumah.
  11. Momofuku Ando (Penemu Mie Instan) : memulai bisnis mie instan di usia 48 tahun. Sebelumnya “hanyalah” penjual garam dapur dan pernah masuk penjara (dibui karena kasus kriminal).
  12. Ray Kroc (Pendiri Mc Donald’s) : memulai bisnis restoran pada usia 52 tahun. Sebelumnya “hanyalah” salesman keliling mesin pengaduk susu dan gelas kertas.
  13. Harland Sanders (Pendiri Kentucky Fried Chicken) : memulai bisnis ayam goreng kentucky pada usia 65 tahun. Sebelumnya pernah menjadi tentara kemudian bekerja serabutan mulai dari menjadi pemadam kebakaran, salesman asuransi, sampai dengan bisnis pompa bensin. 

Nah, sekarang silahkan anda cermati daftar diatas. Apakah ada rumus tertentu bahwa untuk sukses di bisnis apapun, termasuk untuk menjadi konsultan yang sukses ada patokan usianya ?

Menjadi Konsultan Yang Sukses Pada Setiap Usia Anda


Inilah rahasia terbesar dalam bisnis konsultan yang sukses. Bahwa anda bisa memulai menjadi konsultan yang sukses di usia anda saat ini. Berapapun saat ini usia anda. Sebab klien dan pelanggan anda yang serius (benar-benar membutuhkan jasa konsultasi), tidak akan pernah peduli dengan usia anda.


Mereka juga tidak peduli pada ras, agama, budaya atau jenis kelamin anda.


Mereka juga tidak peduli pada titel atau gelar anda


Mereka hanya peduli pada satu hal saja ...


Apakah itu ?


Ya, itu adalah NILAI dan HASIL yang bisa anda BERIKAN pada mereka.


Contoh. Jika sebuah perusahaan ingin menginspirasi tenaga penjualannya untuk bisa meningkatkan produktivitas dan mendapatkan lebih banyak penjualan, lalu anda sebagai konsultan pemasaran disewa oleh mereka, maka sang pemimpinnya (dirut) tidak akan pernah peduli apakah anda seorang laki-laki atau perempuan, 25 tahun atau 75 tahun... selama mereka mendapatkan hasil dan nilai yang bermanfaat dari advice anda untuk bisnis mereka maka anda akan tetap dipakai.


Jadi jika anda merasa terlalu tua atau terlalu muda untuk memulai bisnis konsultansi dan menjadi seorang konsultan yang sukses, maka saya sarankan buang jauh-jauh pikiran dan perasaan ketakutan itu.


Usia anda tidak harus menghambat anda untuk memulai dan menjadi seorang konsultan yang sukses dalam bisnis konsultansi ini.


Pertanyaan yang seharusnya anda tanyakan pada diri sendiri justru adalah : apakah saya yakin bahwa saya bisa memberikan nilai dan hasil yang bermanfaat untuk klien dan pelanggan saya ?


Jika anda bisa, silahkan mulai dan wujudkan mimpi anda untuk menjadi seorang konsultan yang sukses.


Jika Anda tidak yakin, pelajari dulu apa yang perlu anda ketahui agar anda bisa memberikan hasil dan nilai yang bermanfaat untuk klien dan pelanggan anda.


Selebihnya, sukses sebagai konsultan adalah milik anda. Terserah pada anda, mau mengambilnya atau tidak ?


Artikel lain yang juga perlu anda baca :

"Bagaimana Cara Menjadi Seorang Konsultan Independen Yang Sukses ?" Klik disini http://www.sumiharso.com/2015/04/bagaiman-cara-menjadi-seorang-konsultan.html

"Apa Yang Harus Saya Lakukan Pertama Kali Sebelum Memulai Bisnis Konsultansi ?" Klik disini http://www.sumiharso.com/2015/04/langkah-pertama-dalam-konsultasi.html

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design