Konsultasi Gratis, Mau ?


Ditulis oleh Sumiharso | Konsultan Manajemen Bisnis | Berbagi Ilmu Konsultansi

Saya tahu, kemungkinan besar anda akan mengatakan saya gila karena menawarkan ide ini. 

Ya, benar. Saya memang serius saat menyarankan anda untuk menawarkan konsultasi bisnis anda secara gratis pada calon klien. Tapi, jangan salah paham. Apa yang saya sarankan ini adalah salah satu dari sekian banyak strategi dalam memasarkan jasa konsultansi anda. 

Apa yang saya bicarakan di sini adalah memberikan secara gratis sesi konsultasi anda kepada calon klien potensial sebagai teaser, atau istilahnya adalah semacam sampel gratis untuk pengenalan bagi calon klien potensial anda. 

Ini adalah sesuatu gagasan yang patut dipertimbangkan karena seringkali orang tidak akan berani membeli suatu produk atau layanan baru dari orang asing yang tidak dikenalnya jika tidak melewati semacam fase pengujian produk atau layanan terlebih dahulu. 

Kecuali anda sudah sangat terkenal, populer, dan klien-klien sudah mengantri dalam daftar tunggu skedul anda, maka anda tidak pelru menggunakan strategi ini. Sebaliknya, jika anda masih baru masuk kedalam bisnis konsultansi atau hendak mengenalkan secara masif bisnis anda ke target pasar yang anda tuju, maka gagasan ini dapat anda pertimbangkan.

Dengan menyediakan konsultasi gratis, maka anda sebenarnya sedang memberikan kepada mereka  (calon klien potensial) suatu momen untuk mencicipi “seperti apa rasanya memiliki anda sebagai konsultannya”.

Menjadi seorang konsultan yang sukses tentu memerlukan upaya yang keras dan strategi yang tepat. Diluar kompetensi teknis di bidang konsultansi yang anda tawarkan maka membangun citra positif di mata klien adalah hal penting yang seharusnya anda lakukan. Dan memberikan penawaran konsultasi gratis bagi calon klien potensial adalah suatu cara yang cukup ampuh untuk mendapatkan perhatian, pengakuan, dan hubungan baik dari calon klien.

Tentu anda tidak perlu memberikan semua jasa konsultansi anda secara gratis pada calon klien di sesi awal perkenalan. Berikan saja layanan standar yang nantinya mengarah ke sesi selanjutnya secara berbayar. Yang terpenting dalam sesi konsultasi gratis ini adalah :

  1. Bangun hubungan yang baik dengan calon klien.
  2. Berikan solusi singkat namun tepat atas masalah klien.
  3. Berikan jaminan bahwa anda akan menjalankan sesi-sesi konsultasi berikutnya sesuai dengan kesepakatan yang dibuat antara anda dengan klien.
  4. Pastikan calon klien tidak ragu-ragu untuk menghubungi anda saat mereka memiliki masalah atau kesulitan.
Jika anda berhasil memenangkan hati calon klien potensial anda dengan menjalanlan empat poin diatas pada sesi konsultasi gratis ini, maka peluang untuk mendapatkan kontrak konsultasi akan semakin besar. Jadi, maukah anda memberikan konsultasi gratis untuk calon klien potensial anda ?

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design