10 Dosa Besar Pebisnis UMKM Yang Wajib Anda Ketahui dan Hindari (Bagian-3)


“ Dosa ” besar berikutnya yang seringkali tanpa sadar dilakukan oleh sebagian pebisnis UMKM adalah kebiasaan mereka menempuh jalan instan dalam upayanya menjadi kaya atau untuk memperoleh kesuksesan. Mereka berpikir bahwa target utama yang harus dicapai adalah bisa menjadi kaya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya dan dengan cara yang semudah mungkin.

Berikut ini beberapa taktik atau kebiasaan yang pernah saya catat dan amati berkaitan dengan perilaku ini diantaranya adalah :

  1. Menipu pelanggan dengan membuat kemasan produk yang sangat menggoda namun isi produknya biasa-biasa saja (bahkan di beberapa kasus isi produk malah sangat buruk). 
  2. Menggunakan strategi “hit and run” (jual produk dengan cepat lalu kabur meninggalkan pelanggan yang kecewa. Yang penting target penjualan tercapai).
  3. Mengurangi takaran, timbangan, atau formula untuk produk yang dijual kepada pelanggan.
  4. Memberi suap pada pejabat yang berwenang (misalnya pada saat ikut tender dengan tujuan agar perusahaannya bisa dimenangkan).
  5. Membanting harga (memangkas harga jual dengan tujuan agar bisa mengalahkan pesaing tanpa  memperhitungkan kemampuan finansial bisnis dan dampak buruknya).
  6. Membayar upah pekerjanya semurah mungkin.

Nah, berkaitan dengan hal ini saya ingin berbagi pengalaman dengan anda semua. Bahwa untuk menuju kesuksesan di bidang usaha apapun tidaklah bisa ditempuh dalam waktu yang singkat dan dengan cara yang instan apalagi asal-asalan. Kesuksesan dalam berbisnis (dan kestabilan dalam mengelola perusahaan) biasanya membutuhkan waktu tertentu. Berdasarkan histori dari para pebisnis UMKM yang kini telah sukses dan stabil mengelola bisnisnya, paling tidak diperlukan waktu paling cepat antara 5 sampai dengan 20 tahun. 

Jika anda sebagai pebisnis UMKM mengharapkan untuk bisa menjadi kaya dan sukses mengelola bisnis anda hanya dalam waktu semalam, maka percayalah anda kemungkinan besar akan menjadi patah semangat dan menyerah sebelum impian anda terwujud.

Sadarilah bahwa sukses mengelola bisnis dan perusahaan akan selalu membutuhkan waktu, ketekunan, dan juga luck (hoki, nasib baik, atau keberuntungan). Luangkan waktu untuk membangun dasar-dasar bisnis yang benar. Kembangkan team kerja yang solid dan kompeten. Buat sistem dan prosedur kerja yang terbukti mampu mendukung berjalan lancarnya bisnis anda. Dan tentu saja : curahkan waktu, tenaga, pikiran, dan perasaan anda sepenuhnya untuk mengelola bisnis dan perusahaan anda.

Jadi, masih mau pakai cara-cara instan yang terbukti membuat kolaps banyak bisnis UMKM ?

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design