10 Dosa Besar Pebisnis UMKM Yang Wajib Anda Ketahui dan Hindari (Bagian-2)


Kesalahan kedua yang seringkali dilakukan oleh para pebisnis UMKM adalah mereka mencoba untuk melakukan segala urusan bisnisnya hanya dengan seorang diri !

Ya, benar. Sepanjang pengalaman saya mendampingi klien-klien pebisnis, saya mengamati bahwa salah satu poin yang membuat bisnis UMKM sulit untuk maju adalah karena para ownernya seringkali percaya bahwa mereka dapat melakukan semuanya sendirian.

Ini sungguh suatu pola pikir yang sangat tidak efektif sekaligus menghambat produktivitas sebuah usaha. Memang bisa jadi anda dikaruniai bakat atau skill yang hebat dalam urusan membuat suatu produk atau berinovasi dalam produk anda.

Tetapi ingat bahwa kecakapan anda dalam hal itu tidak otomatis menjadikan anda seorang yang akan mampu menghandle semua urusan perusahan atau bisnis anda dengan cemerlang. Ada batasan yang tidak mungkin anda lampaui. Maka disitulah perlunya anda membentuk team kerja yang berisikan beragam orang dengan berbagai kompetensi yang anda perlukan untuk membuat bisnis anda berkembang.

Sebagai seorang pebisnis, itu adalah tugas anda untuk mengidentifikasi bakat-bakat, skill, dan attitude yang anda perlukan untuk membereskan dan menjalankan urusan-urusan yang anda tidak mampu untuk melakukannya dengan baik.

Kelilingi diri anda dengan orang-orang yang hebat yang akan mampu menutupi celah kelemahan anda. Jangan pelit untuk membayar orang yang kompeten. Percayalah bahwa hanya dengan memiliki teamwork dengan kecakapan yang saling melengkapi dan berintegritas tinggi, maka bisnis anda akan tumbuh dan berkembang.

Jadi, masih mau jadi SUPERMAN ?

Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design