Berhentilah Menghakimi Orang Lain

Suatu kali Syaikh Sha'adi As Shirazi dari Persia pernah bertutur seperti ini :

" Saat masih kanak-kanak, saya biasa berdoa bersama ayah, paman dan sepupu saya. Setiap malam kami biasanya akan berkumpul di majelis untuk mendengarkan pembacaan ayat atau surat tertentu dari Al Quran. Pada suatu malam, ketika paman saya sedang membaca ayat-ayat Al Quran dengan lantang, saya memperhatikan bahwa kebanyakan yang hadir di majelis itu justru sedang tertidur. Lalu saya berkata kepada ayah saya :

" Ayah, tidak satu pun dari orang-orang yang tertidur ini mendengarkan firman Allah. Jika seperti itu maka mereka tidak akan pernah sampai kepada Allah."

Dan saya ingat ayah saya menjawab dengan kalem : " Anakku sayang, lihat dan tempuhlah jalanmu sendiri dengan keyakinan yang penuh kepada Allah. Biarkan orang lain mengambil jalan mereka sendiri. Jangan kau sibuk mengurusi kesalahan orang lain. Siapa tahu, mungkin mereka sedang berbicara kepada Allah dalam mimpi-mimpi mereka. Percayalah, ayah lebih suka kau juga tidur di samping mereka daripada mendengarkanmu mengumpat dan mengatakan hal yang buruk kepada orang lain. "'

© 2012 - 2019 by Sumiharso. Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design