Kaya, Sukses, dan Cinta

Menjelang siang seorang wanita keluar dari rumahnya dan melihat tiga lelaki tua berjenggot putih panjang sedang duduk di halaman depan rumahnya. Sejurus diamatinya dengan seksama ketiga lelaki tua itu. Tak ada yang dikenalinya.

Kemudian ia berkata, " Saya rasa saya tidak mengenal anda bertiga, tetapi sepertinya saya lihat anda bertiga sedang menahan lapar. Mari, silakan masuk dan makanlah di rumah saya."

" Apakah suami anda ada di rumah ?", Salah satu dari tiga lelaki tua itu bertanya. 

" Tidak," jawab wanita itu. "Dia sedang bekerja. "

"Kalau begitu kami tidak boleh masuk ke rumah anda," jawab mereka serempak.

Wanita itupun kembali masuk kedalam rumahnya.

Di malam hari ketika suaminya pulang, wanita itu menceritakan apa yang dialaminya siang tadi. 

Lalu, setelah menyimak cerita istrinya, si suami berkata, "Jika seperti itu, sekarang temuilah mereka bertiga. Beritahu mereka bahwa aku sudah ada di rumah, dan kita mengundang mereka untuk makan di rumah kita !"

Wanita itu lalu keluar dan mengundang ketiga lelaki tua itu untuk masuk ke rumahnya.

" Maaf, kami tidak bisa masuk ke rumah anda bersama-sama ," jawab mereka. 

" Mengapa begitu ?" dia ingin tahu. 

Salah satu dari tiga lelaki tua itu menjelaskan," Namanya Kekayaan," katanya sambil menunjuk ke salah satu temannya, dan menunjuk ke yang lain sambil berkata, "Orang ini adalah Kesuksesan, dan aku sendiri adalah Cinta." 

Ia lalu menambahkan," Sekarang, pergilah dan bicarakan dengan suamimu terlebih dahulu, mana dari kami bertiga ini yang kalian inginkan untuk masuk kedalam rumah kalian. "

Wanita itu lalu masuk kedalam rumah dan memberi tahu suaminya apa yang dikatakan tiga lelaki tua itu. 

Suaminya sangat gembira. " Baguslah jika seperti itu !" dia berkata. 

" Jika seperti itu masalahnya, kupikir kita undang saja terlebih dahulu lelaki yang bernama Kekayaan. Biarkan dia masuk dan mengisi rumah kita dengan harta benda yang kita inginkan !"

Tetapi istrinya tidak setuju. " Kenapa kita tidak mengundang lelaki yang bernama Kesuksesan ? Bukankah itu yang selalu kau kejar-kejar selama ini ?" 

Tapi, putri mereka yang sedari tadi mendengarkan dari sudut ruangan tiba-tiba melompat kedepan dan mengajukan usulannya sendiri.

" Bukankah lebih baik kita mengundang Cinta ? Rumah kita akan menjadi sangat indah dan nyaman karena akan dipenuhi dengan cinta ! "

Sang istri setuju. 

" Kalau begitu, mari kita ikuti usulan putri kita," kata sang suami kepada istrinya. 

" Sekarang, pergilah keluar dan undanglah lelaki yang bernama Cinta itu untuk menjadi tamu kita."

Si istri lalu keluar dan bertanya kepada ketiga lelaki tua itu, " Siapa di antara bapak-bapak yang bernama Cinta ? Silakan masuk dan jadilah tamu kami." 

Lelaki tua bernama Cinta itu kemudian bangkit dan mulai berjalan menuju kedalam rumah. Kemudian menyusul di belakangnya dua lelaki tua lainnya juga berdiri dan mengikutinya.

Karena terkejut, wanita itu lalu bertanya pada lelaki tua bernama Kekayaan dan Kesuksesan, " Sesuai arahan bapak-bapak, saya hanya mengundang masuk bapak yang bernama Cinta. Tetapi mengapa bapak bertiga malah masuk semua ?"

Serempak ketiga lelaki tua itu menjawab, " Jika Anda hanya mengundang Kekayaan atau Kesuksesan, maka kami berdua akan tetap tinggal diluar. Namun, karena Anda mengundang Cinta, maka kemana pun dia pergi, kami pasti pergi bersamanya juga. Karena di manapun ada Cinta, disitu juga juga ada Kekayaan dan Kesuksesan ! "

© 2012 - 2019 by Sumiharso. Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design