Nelayan dan Pengusaha


Suatu waktu seorang pengusaha sukses dari Amerika Serikat sedang duduk di tepi pantai di sebuah desa kecil di Brasil. 

Saat dia duduk menikmati suasana pantai, dia melihat seorang nelayan Brasil tengah mendayung perahu kecil ke arah pantai setelah mencari ikan di tengah laut. 

Pengusaha itu terkesan dan bertanya kepada nelayan itu, "Berapa lama waktu yang Anda butuhkan untuk mencari ikan ?"

Nelayan itu menjawab, "Oh, sebentar saja."

"Lalu mengapa anda tidak tinggal lebih lama di laut dan menangkap ikan lebih banyak lagi?" Pengusaha itu tercengang.

"Ini sudah cukup untuk memberi makan seluruh keluarga saya," kata nelayan itu.

Pengusaha itu kemudian bertanya, "Jadi, apa yang Anda lakukan untuk mengisi sisa waktu anda di hari itu ?"

Nelayan itu menjawab, “Ya, saya biasanya bangun pagi-pagi, pergi ke laut dan menangkap beberapa ekor ikan, lalu kembali ke rumah dan bermain dengan anak-anak saya. Di siang hari saya tidur sebentar. Kemudian pada sore hari, saya bercengkerama dengan istri saya, dan saat malam tiba, saya bergabung dengan teman-teman saya di desa untuk minum kopi sambil menikmati kudapan khas desa kami. Kami bermain gitar, bernyanyi, dan menari sepanjang malam. ”

Kemudian sang pengusaha menawarkan sebuah saran kepada nelayan itu.

“Saya punya gelar Doktor dalam manajemen bisnis. Saya dapat membantu Anda menjadi orang yang lebih sukses. Mulai sekarang, Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu di laut dan mencoba menangkap sebanyak mungkin ikan. Nanti ketika Anda telah menabung cukup banyak, Anda bisa membeli perahu yang lebih besar dan menangkap lebih banyak ikan lagi. Segera setelah Anda akan mampu membeli lebih banyak perahu penangkap ikan, anda bisa mulai mendirikan perusahaan Anda sendiri, kemudian mendirikan pabrik produksi Anda sendiri untuk membuat makanan kaleng dari ikan dan membuat jaringan distribusi. Pada saat itu, Anda akan pindah dari desa ini ke Sao Paulo, di mana Anda dapat mengatur bisnis anda di kantor pusat untuk mengelola cabang-cabang Anda yang lain. ”

Nelayan itu melanjutkan, "Lalu setelah itu ?"

Pengusaha itu tertawa terbahak-bahak, "Setelah itu, Anda bisa hidup seperti raja di rumah Anda sendiri. Dan ketika waktunya tepat, Anda bisa go public dan menempatkan saham Anda di Bursa Efek, dan Anda akan kaya raya."

Nelayan itu bertanya, "Lalu setelah itu ?"

Pengusaha itu berkata, “Setelah itu, Anda akhirnya bisa pensiun. Anda bisa pindah ke rumah di dekat desa nelayan, bangun pagi-pagi, menangkap beberapa ekor ikan, lalu pulang ke rumah untuk bermain dengan anak-anak, tidur siang, lalu bercanda dengan istri anda di sore yang menyenangkan, dan ketika malam tiba, anda bisa bergabung dengan teman-teman anda untuk minum kopi, bermain gitar, bernyanyi dan menari sepanjang malam! ”

Nelayan itu bingung, “Bukankah itu yang sedang saya lakukan sekarang ?”

Dialihbahasakan oleh Sumiharso dari Cerita Klasik Brazil.

© 2012 - 2019 by Sumiharso. Powered by Blogger.

 
Free Host | new york lasik surgery | cpa website design